Translate

Kamis, 25 Juli 2013

Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

rambut rontok
KERONTOKAN rambut kondisi yang tidak menyenangkan bagi siapa pun.
Otomatis perlahan-lahan rambut menipis dan pada akhirnya mengakibatkan kebotakan. Jika ini terjadi di usia dini, tentu mempengaruhi rasa percaya diri. Rambut secara alami rontok sekitar 50-100 helai per harinya.
Namun jika kerontokan terjadi berlebihan dan tak ada hentinya, Anda perlu waspada dan mencari cara mengatasinya.
Apa Penyebab Rambut Rontok?



- Hormon

Keadaan hormon yang tidak seimbang bisa memicu kerontokan rambut. Secara hormon terdapat pula faktor androgenetic alopecia, yang dapat menimbulkan kelainan alopecia areata, sehingga rambut rontok. Pada wanita, kondisi hormon tak seimbang biasanya terjadi setelah melahirkan atau pada masa kehamilan

- Genetik
Jika orang tua memiliki kondisi rambut rapuh, mudah rontok, tipis, secara genetik bisa menurun kepada anak. Ketika rontok disebabkan faktor genetik atau turunan memang dibutuhkan upaya khusus dalam mengatasinya, seperti perawatan dengan teknologi terkini untuk memperkuat rambut dan merangsang pertumbuhannya

- Kosmetik dan gaya hidup
Rambut yang sering terkena paparan hair dryer, curly iron, catok, dengan sendirinya rentan terhadap kerontokan. Demikian rambut yang kena paparan kosmetik rambut seperti pewarna, hair spray, mousse. Sementara itu gaya hidup tidak sehat, misalnya mengonsumsi makanan-makanan berminyak, goreng-gorengan juga dapat memicu kerontokan.

Bagaimana Mengatasi Kerontokan Secara Alami?

1. Santan kelapa

Lumurkan rambut secara keseluruhan dengan santan, hingga ke kulit kepala. Pijat-pijat sedikit. Diamkan kurang lebih setengah jam. Setelahnya basuh dengan air hangat, kemudian keramaslah seperti biasa. Lakukan minimal 2 kali dalam seminggu.

2. Buah semangka 
Saat mengonsumsi buah semangka, ingat, jangan buang kulitnya. Kulit semangka bermanfaat untuk rambut. Ambil bagian kulit semangka dan gosokkan pada kulit kepala. Diamkan dan tunggu selama 20 hingga 30 menit, agar meresap. Lebih baik lagi, dibiarkan semalaman, baru keramas keesokan harinya. Lakukan ini seminggu sekali.

3. Kacang hijau
Ambil secangkir kacang hijau, kemudian rendamlah selama semalam. Setelah direndam semalam, saring dan ambil airnya. Oleskan air pada kulit kepala sambil memijat-mijat kulit kepala perlahan. Lakukan minimal seminggu 3 kali.

4. Minyak zaitun dan madu
Dalam satu wadah, campurkan 5 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu, aduk jadi satu. Kemudian lumurkan campuran itu ke seluruh rambut. Balut kepala dengan shower cap, diamkan kurang lebih 15 menit. Baru kemudian bilas. Lakukan minimal sekali seminggu.

5. Minyak kelapa
Sebelum keramas, oleskan minyak kelapa pada rambut secara keseluruhan, sambil memijat-mijat kulit kepala, sehingga minyak kelapa meresap. Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam sebelum keramas. Setelah itu keramas seperti biasa.

Untuk nutrisi sehari-hari, bantu dengan mengonsumsi vitamin E dan vitamin B kompleks. Kedua jenis vitamin ini memberikan nutrisi, kekuatan khusus pada pertumbuhan rambut.
(val/adm)
Agar blog ini semakin mengalami perkembangan, mohon meninggalkan komentar pada blog ini.. semoga bermanfaat. terimakasih.. salam admin////

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About