Translate

Selasa, 04 Juni 2013

Jahe Dapat Meredakan Nyeri Otot Secara Alami

Jahe (zingiber officinale roscoe) yang sudah lama dikenal sebagai bahan obat tradisional dan bumbu masakan, ternyata bisa juga dijadikan obat meredakan nyeri otot. Rasanya yang sedikit pedas mampu memberikan efek hangat bagi tubuh. Tanaman jahe memiliki segudang khasiat, diantaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya peradangan.


Bagi Anda yang hobi berolahraga pasti pernah mengalami nyeri otot. Menurut peneliti dari Amerika Serikat, konsumsi jahe secara rutin setiap hari bisa membantu mengurangi nyeri otot akibat olahraga. Rasa hangat pada jahe memiliki efek meredakan sakit.

Sejumlah penelitian lain menemukan jahe bisa digunakan untuk meredakan nyeri otot karena memiliki komposisi yang hampir serupa dengan obat-obatan pereda nyeri otot, seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen. Sedangkan, dalam penelitian yang dilakukan oleh Patrick O'Connor dari University of Georgia diketahui bahwa penambahan konsumsi jahe sebanyak dua gram setiap harinya bisa mengurangi nyeri otot yang dipicu oleh aktivitas olahraga sebesar 25 persen daripada yang tidak mengonsumsi jahe setelah berolahraga.

Jahe digunakan hampir seluruh masyarakat di Asia sebagai pengobatan atau perawatan alami untuk mengatasi penyakit tertentu. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi dua sendok teh jahe setiap hari setelah latihan fisik. Selain dijadikan sebagai obat meredakan nyeri otot, jahe juga dapat digunakan untuk menjaga tubuh tetap bugar saat menghadapi stres, masuk angin, dan kegiatan fisik melelahkan lainnya.

   Hingga saat ini, jahe masih menjadi tanaman herbal terpopuler dan mudah didapat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, terutama sebagai obat meredakan nyeri otot. Jadi, jika tubuh Anda ingin tetap sehat, terlihat bugar, dan terhindar dari nyeri otot, konsumsilah jahe sesuai dosis yang dianjurkan secara teratur setiap harinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About